Rencana Pembelajaran Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTsN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :VII/Satu
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
- Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
- Menggunkan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
1.
Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
2.
Mampu bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.
Menunjukkan sikap kritis pada permasalahan yang
diberikan.
4.
Menentukan hasil operasi
penjumlahan bilangan bulat positif (+) dengan positif (+).
5.
Menentukan hasil operasi
penjumlahan bilangan bulat positif (+) dengan negatif (-).
6.
Menentukan hasil operasi
penjumlahan bilangan bulat negatif (-) dengan positif (+).
7.
Menentukan hasil operasi
penjumlahan bilangan bulat negatif
(-) dengan negatif (-).
8.
Menentukan hasil
operasi pengurangan bilangan bulat positif (+) dengan positif (+).
9.
Menentukan hasil
operasi pengurangan bilangan bulat positif (+) dengan negatif (-).
10.
Menentukan hasil
operasi pengurangan bilangan bulat negatif
(-) dengan positif (+).
11.
Menentukan hasil operasi
pengurangan bilangan bulat negatif
(-) dengan negatif (-).
D. Tujuan Pembelajaran
- Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil pengolahan informasi dalam materi Bilangan siswa diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik serta dapat menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
- Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Bulat. (Lampiran 1)
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
Model Pembelajaran : Snowball Throwing (ST)
G. Metode Pembelajaran
Metode dalam pembelajaran ini adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan.
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka
pelajaran dengan salam pembuka, menyapa
siswa dan berdo’a.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3. Guru
meminta siswa untuk menyiapkan buku matematika.
4. Apersepsi:
Mengingat kembali anggota himpunan bilangan bulat positif dan
bilangan bulat negatif.
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa.
6. Guru
memotivasi siswa tentang pentingnya pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
Guru meminta siswa untuk mengamati penjelasan materi
dengan menggunakan media Mistar Hitung.
|
15 menit
|
Menanya
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hal yang belum dipahami berdasarkan
penjelasan yang diberikan, dengan bertanya “setelah mengamati dan
mendengar
penjelasan dari bapak, apakah masih ada
yang ingin ditanyakan ?”.
|
5 menit
|
|
Mengumpulkan
Informasi
1) Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok yang
terdiri dari 6-7 orang.
2) Guru
memanggil ketua kelompok dan memberi tugas untuk
membahas materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di dalam kelompok.
|
20 menit
|
|
Mengasosiasikan
(Menalar / Mengolah informasi)
1) Guru
meminta siswa menuliskan satu pertanyaan pada selembar
kertas.
2) Guru meminta siswa menggumpalkan kertas
tersebut dan melemparkan kepada kelompok lain untuk dijawab.
3) Guru
mengarahkan setiap pasangan siswa untuk bekerjasama dan berpastisipasi aktif
dalam mendiskusikan jawaban.
|
20 menit
|
|
Mengkomunikasikan
1) Guru
meminta perwakilan kelompok untuk
menyampaikan hasil diskusinya.
2) Kelompok lain mendengarkan dan menanggapi sajian tersebut.
3) Guru memberikan
klarifikasi jawaban terhadap hasil diskusi yang kurang tepat.
4) Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya mengenai hal yang belum dimengerti.
|
5 menit
|
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa menarik kesimpulan
materi pembelajaran tentang menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat.
2.
Guru memberikan tugas (PR) individu pada masing-masing siswa.
3.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dan memberikan informasi materi yang akan
dipelajari pertemuan berikutnya, dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
4.
Guru bersama
siswa menutup pembelajaran dengan berdoa dan
salam.
|
5 menit
|
I. Sumber Belajar
- Agung Lukito dan Sisworo. 2014. Buku Paket Matematika Siswa Kelas VII Semester 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Media Mistar Hitung.
- Teknik Penilaian : Pengamatan, tes tertulis (penugasan kelompok dan individu)
- Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
ü
Sikap
a.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c.
Kritis
dalam memecahkan masalah.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
ü
Pengetahuan
a.
Menentukan
hasil operasi penjumlahan bilangan bulat.
b.
Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bulat.
|
Penugasan
|
Penyelesaian tugas
individu dan kelompok
|
3. Instrumen Penilaian
Sikap : Lampiran 2
Pengetahuan : Lampiran 3
Soal Evaluasi : lampiran 4
Banjarmasin, 17 Mei 2017
Mengetahui,
|
|
Kepala Sekolah
H. Rusman, M.Pd.I
NIP. xxx
|
Mahasiswa
Muhammad Saleh
NIM. xxx
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar