Selasa, 20 Juni 2017

Contoh RPP Matematika K13 Kelas VII Materi Bilangan Bulat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing

Rencana Pembelajaran Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTsN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :VII/Satu
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
 A. Kompetensi Inti
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
  1. Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
  2. Menggunkan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.  
C. Indikator


1.        Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
2.        Mampu bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.        Menunjukkan sikap kritis pada permasalahan yang diberikan.
4.        Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan bulat positif (+) dengan positif (+).
5.        Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan bulat positif (+) dengan negatif (-).
6.        Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan bulat negatif (-) dengan positif (+).
7.        Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan bulat negatif (-) dengan negatif (-).
8.        Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bulat positif (+) dengan positif (+).
9.        Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bulat positif (+) dengan negatif (-).
10.    Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bulat negatif (-) dengan positif (+).
11.    Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bulat negatif (-) dengan negatif (-).

 D. Tujuan Pembelajaran

  1. Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil pengolahan informasi dalam materi Bilangan siswa diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik serta dapat menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
E. Materi Pembelajaran
  1. Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Bulat. (Lampiran 1)
F. Pendekatan dan Model Pembelajaran
     Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
     Model Pembelajaran : Snowball Throwing (ST)
G. Metode Pembelajaran
     Metode dalam pembelajaran ini adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan.
H. Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.  Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka, menyapa siswa dan berdo’a.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru meminta siswa untuk menyiapkan buku matematika.
4. Apersepsi: Mengingat kembali anggota himpunan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif.
5.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa.
6. Guru memotivasi siswa tentang pentingnya pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Inti
Mengamati
Guru meminta siswa untuk mengamati penjelasan materi dengan menggunakan media Mistar Hitung.
15 menit
Menanya
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan  tentang hal yang belum dipahami berdasarkan penjelasan yang diberikan, dengan bertanya “setelah mengamati dan mendengar penjelasan dari bapak, apakah masih ada yang ingin ditanyakan ?”.
5 menit
Mengumpulkan Informasi
1)   Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 6-7 orang.
2)   Guru memanggil ketua kelompok dan memberi tugas untuk membahas materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di dalam kelompok.
20 menit
Mengasosiasikan (Menalar / Mengolah informasi)
1)   Guru meminta siswa menuliskan satu pertanyaan pada selembar kertas.
2)   Guru meminta siswa menggumpalkan kertas tersebut dan melemparkan kepada kelompok lain untuk dijawab.
3)   Guru mengarahkan setiap pasangan siswa untuk bekerjasama dan berpastisipasi aktif dalam mendiskusikan jawaban.
20 menit

Mengkomunikasikan
1)   Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya.
2)   Kelompok lain mendengarkan dan menanggapi sajian tersebut.
3)   Guru memberikan klarifikasi jawaban terhadap hasil diskusi yang kurang tepat.
4)   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal yang belum dimengerti.
5 menit
Penutup
1.    Guru bersama siswa menarik kesimpulan materi pembelajaran tentang menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
2.    Guru memberikan tugas (PR)  individu pada masing-masing siswa.
3.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberikan informasi materi yang akan dipelajari pertemuan berikutnya, dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
4.    Guru bersama siswa menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam.
5 menit

 I. Sumber Belajar
  1. Agung Lukito dan Sisworo. 2014. Buku Paket Matematika Siswa Kelas VII Semester 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
J. Alat/Sarana Belajar Mengajar
  1. Media Mistar Hitung.
K. Penilaian Hasil Belajar 
  1. Teknik  Penilaian : Pengamatan, tes tertulis (penugasan kelompok dan individu)
  2. Prosedur Penilaian : 
 
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
ü Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Kritis dalam memecahkan masalah.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
ü Pengetahuan
a.       Menentukan  hasil operasi penjumlahan bilangan bulat.
b.       Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bulat.

Penugasan

Penyelesaian tugas  individu dan kelompok

      3. Instrumen Penilaian
 
          Sikap : Lampiran 2
          Pengetahuan : Lampiran 3
          Soal Evaluasi : lampiran 4 
 Banjarmasin, 17 Mei 2017


Mengetahui,

Kepala Sekolah



H. Rusman, M.Pd.I
NIP. xxx
Mahasiswa



Muhammad Saleh
NIM. xxx
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar